Sabtu, 06 Juni 2020

Perlindungan Lansia Menuju Lansia Sejahtera,Dan Bermartabat Sayangi Lansia.

                     
                       Lansia peduli 

Nenek adalah masing-masing ibu dari orang tua seseorang. Setiap orang memiliki dua orang nenek kandung. Seseorang dapat disebut sebagai nenek jika anaknya telah memiliki anak, atau dengan kata lain ia telah memiliki cucu. Panggilan nenek merupakan panggilan dari seorang cucu yang ditujukan kepada ibu dari ayahnya maupun dari ibunya. Selain itu, secara tradisi, dalam sebagian besar bahasa dan kebudayaan setiap perempuan tua dapat dipanggil dengan sebutan nenek.
nenek yang hidup memyendiri 
Dengan tenaga yang ada dinenek tersebut dalam bentuk untuk mengayomi dirinya supaya badan dan seluruh anggota bisa bergerak dianggap seperti berolahraga .
Makanya dia selalu memcari barang bekas keliling jalan kapasan  dan juga  sampah yang nampak bisa dikilokan untuk jadikan uang rupiah untuk kehidupan sehari harinya. Mohon semua yang berkaitan dengan semua apa yang harus dilakukan oleh kejadian itu harus kita turut memikirkan kedepannya bagaimana  menek ini bisa tenang dan diam  menikmati  hari masa hidupnya dirumah. Bersama keluarga besarnya. Tapi inilah semangat bagi orang yang masih lengket kental dengan  masa dulu  tetap semangat dengan resep medis yang sangat simple sehingga tetap sehat walfiat.


Pada kenyataan telah ada sebuah pepatah dari sebuah family sebagai perkumpulan yang erat dan dapat dikata  sebagai sedulur keluarga. Kakek ini mempunyai anak dan juga sudah punya cucu amat banyak, tiap 2bulan sekali pasti kumpul kumpul supaya tidak PATEN OBOR . Kata pepatah orang jawa dahulu.

selalu memcari nafkah dengan barang bekas .
 Dan kakek ini yang dilakukan juga pemulung barang sampah yang mana diambil yang bisa dijadikan uang rupiah. Dari situ dia berjalan kaki menulusuri jalan raya kapasan dan mondar-mandor dari toko yang satu ke yang lain melihat kalau kerdus ataupun kertas yang dibuang ketempat sampah. Itupun yang dilakukan oleh bapak tersebut sudah upaya untuk sebuah membeli sesuap nasi kopi dan juga rokok. Karena kehidupannya kalau tidak bergerakkan badan serasa sakit semua itu tulang dan badannya. Ini kebalikan dari si nenek tersebut,karena anak anaknya masih  ada belas kasihan atau timbal balik untuk rejeki yang selalu ada diberikan ke bapaknya  malahan uang tersebut dikembalikan dan diberikan lagi ke cucunya. Kesibukan seperti inilah yang penuh setiap hari supaya sehat . Hidup yang tenang walaupun sendirian tapi di belakang anaknya ikut dalam kepedulian. Supaya keharmonisan keluarga tetap terjaga. 


Dan pula semua kalau yang dipikirkan oleh  bapak satu ini yang udah lansia . tapi semangatnya  selalu kayak anak muda  dia selalu banyak bergerak  pagi jalan kaki  putar kampung 3 kali. Dan juga  tangan selalu bergerak untuk memgadakan suatu kegiatan . Suatu misal dengan semua yang diliatnya ada bambu .diam diam tangan dan badannya  langsung megang  peralatan tukang  san lalu membuat kurungan ataupun sangkar burung merpati.

orang yang masuk masa lansia 

Itupun juga tiap pagi bawa rombong isian burung merpati untuk dijual di wilayah kaliondo kidul. Dalam itupun kalau bapak tersebut ngambil burung merpati sampai ke krian walaupun naik bemo dan juga  menuju pasar jalan kaki. Dengan seperti ini pula dia lakukan setiap 2 kali dalam seminggu. Walaupun sedapat dapatnya butung merpati. Dan juga uang pendapatan dari jual burung merpati tersebut untuk kehidupan semua keluarganya  walaupun anak anaknya sudah bekerja . Inilah semangat untuk orang orang dulu  masih kental dengan semangat  untuk memcari berkah dan juga  untuk supaya  banyak olahraga dalam bentuk membuat kegiatan sangkar  berjualan  dengan membawa rombong dagangannya. Itu dilakukan oleh beliau mulai dari masa mudahnya sampai menuju masa lansia. Anaknya pun berkata tetap diam dirumah untuk menikmati masa hidupnya  dengan olah raga makan dan minuman  yang penuh gizi . Supaya semuanya dapatkan hal yang terpenting dalam  pertumbuhan tubuh lansia yang selalu mendapatkan  jenjang kesehatan .
Dan selalu berdoa semoga panjang umur.


Dan juga bapak ini sudah lewat katogori lansia.  yang masuk katagori manula. Bapak tersebut mulai dari umur 12 tahun  dari kelahirannya  pada tahun 1936 .Dan juga kegiatan  untuk gerakan badan  sampai sekarang pun dilakukannya .Pada mulai umur 25 tahun  sampai sekarang  aduh nasib dengan pekerjaannya  adalah  sebagai tukang becak dengan becak yang alami tradisional engkol .

bapak tersebut alhamdulillah sehat walfiat .

Dari pembicaraan bapak ini  semuanya yang dilakukan bukan semata mata  mencampakan ataupun memjelwkan martabat anakanya  walaupun anaknya udah berumah tangga sendiri. sebenarnya  swmau udah sepakat anaknya  untuk mengayomi bapaknya untuk  dipastikan disejahterakannya. akan tetapi dia menolak karena masih bisa dan sanggup tenaganya untuk bekerja walaupun  tukang becak. Dia berkeliling becak hampir sewilayah kecamatan saja . karena  pelanggannya  cuman antar jemput sekolah dan juga  orang diantar membawa ke pertokoan  kapasan  pasar atum dan juga  itc . Tapi itu dilakukan berangkat pagi pulang sore. kadang sampai  mendekati adzan magrib  tergantungdapat rejeki bisa untuk makan dan minum setiap harinya. Padahal semua orang bertanya tanya bpk ini sudah saatnya pangsiun untuk jadi tukang becak .Malah dia balikan jawabannya   kalau saya dirumah  nganggur malah badan ini terasa kaku dan juga nyeri .kalau  kita bergerak  pasti selalu akan sehat  walaupun kaki kita bergoyang dengan otomatis semua anggota badan bergerak  karena dalam  masih  pengengkolan becak. Dari arah situlah para pemuda yang malas bekerja  akan terasa malu kepada bapak separuh baya ini  karena semangatnya.  Dengan yang dilakukan bapak tersebut adalah sebuah contoh  untuk kedepannya  para generasi muda millienal haruslah bekerja sekwras mungkin itu akan ada suatu hikmahnya baginya  bisa dapat uang bisa berolahraga dalam bentuk bekerja. Dengan  sehat walfiat dan segar bugar bapak ini kuncinya  stamina harus dijaga  olah raga . makanan bergizi dan minum bervitamin.

Walaupun dimasa pandemi covod 19 ini semua tetap berjalan dan selalu waspada untuk protokol kesehatan demi lawan covid 19.  Pada  kuncinya sehat untuk mencegah covid  yang tiap hari dilakukan adalah mandi, cuci tangan dan selalu pakai masker dan stamina makan dan minum bergizi  ditambah obat vitamin .  itu setiap hari dilakuakan oleh  ibu atau bapak tersebut.
Mudah mudahan sampai  di semua  pandemi corona ini berakhir . tetap sehat dan bekerja seperi aktifitas sekarang ini.
Salam dari  lansia yang penuh ceria dan bersemangat . Daerah ini semua terletak di daerah gembong sekolahan  1/20 kelurahan kapasan  kecamatan simokerto.


               #lansia_ menuju_ sejahtera



                       by name : djumain
                    (kim kapasan sejahtera)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pelayanan data terpadu kependudukan kelurahan kapasan

 Pada hari Kamis tgl 05-01-2023 dengan ini untuk pelayanan admistrasi kependudukan dan juga pelayanan BPJS akan selalu dilakukan pada setiap...